Selasa, 30 Juni 2015

Lemas Saat Berpuasa, Begini Cara Mengatasinya

Lemas Saat Berpuasa, Begini Cara Mengatasinya


Puasa hakikatnya yaitu menahan rasa lapar, haus dan udara nafsu. Kadang-kadang rasa lemas demikian merasa waktu puasa, terlebih bila kesibukan tengah padat-padatnya. Tetapi bila anda alami rasa lemas yang terus-terusan waktu puasa, walau tengah santai-santai serta sedikit kesibukan, bermakna ada yang salah dengan metabolisme badan anda. Metabolisme badan yang salah terkait dengan makanan yang kita mengkonsumsi. 

Rasa lemas waktu berpuasa biasanya disekarenakan penurunan kandungan glukosa dan masalah keseimbangan cairan. Untuk menangani hal itu, disarankan untuk perbanyak mengkonsumsi gandum, beras merah, buah-buahan, kentang rebus. Lantaran type makanan itu termasuk juga kelompok diet berindeks glikemik rendah tetapi tinggi serat. 

Mengkonsumsi makanan tinggi serat serta karbohidrat kompleks bikin pencernaan bakal berjalan dengan cara bertahap, hingga kandungan glukosa dalam darah bakal lebih stabil. Bila kandungan glukosa dalam darah stabil, automatis rasa lemas waktu berpuasa dapat terhindari 

Rasa lemas saat puasa juga dikarenakan kurangnya mengkonsumsi cairan waktu berbuka serta sahur. Dengan kata lain, kandungan glukosa dalam darah dapat turun bila kurang minum air. Diluar itu, pasti metabolisme badan juga terganggu bila badan kekurangan cairan 

Untuk menangani hal semacam ini, kita mesti minum air minimum 8 gelas /hari. Lantaran ini bln. puasa, terapkanlah pola 2-2-4 untuk penuhi keperluan 8 gelas air minum /hari. Yakni 2 gelas air minum waktu sahur, 2 gelas saat berbuka serta 4 gelas pada malam harinya.

Artikel Lainnya : 

Lemas Saat Berpuasa, Begini Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rym

0 komentar:

Posting Komentar